RDK FM

Suasana berlangsungnya PBAK FDIKOM 2024 yang digelar di depan Perpustakaan Lama (PU Lama).


Pada Kamis (29/8), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) secara resmi menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2024. PBAK FDIKOM 2024 digelar di depan Perpustakaan Lama (PU Lama) dengan bertajuk “Menggali Kearifan Intelektual Melalui Eksplorasi Akademik dan Ekspresi Media Kreatif dengan Panji-Panji Islam”. Acara tersebut bertujuan menanamkan pengetahuan, pengertian, serta pemahaman menyeluruh mengenai dinamika proses pembelajaran di lingkungan kampus.

Ketua pelaksana PBAK 2024, Naufal Andyas Dary Fauzan menjelaskan, PBAK 2024 merupakan program orientasi yang dirancang khusus untuk menyambut mahasiswa baru (maba) di berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini tidak hanya mengenalkan lingkungan kampus, tetapi juga memungkinkan mahasiswa baru bertemu teman-teman dari berbagai daerah. 

“PBAK 2024 kini berperan dalam menumbuhkan rasa memiliki, tanggung jawab, hingga nasionalisme yang menjadi bagian integral dari civitas akademika, serta mendorong pembentukan sikap disiplin yang tinggi. Saya berharap semoga PBAK di tahun berikutnya bisa lebih baik dan lebih antusias dari sebelumnya,” tuturnya.

Salah satu mahasiswa baru 2024 dari jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos), Naila Zahrotu Tsaniyah mengungkapkan, PBAK tahun ini memberikan kesan yang menarik. Menurutnya, para panitia dan pemateri berhasil menciptakan momen PBAK 2024 yang berkesan melalui berbagai kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan budaya akademik, fasilitas kampus, dan keterampilan penting. 

“PBAK berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan mahasiswa baru dengan pengalaman belajar yang bermakna, serta mendukung pembentukan lingkungan akademik yang produktif dengan menanamkan nilai integritas, kolaborasi, dan inovasi sejak awal. Saya berharap PBAK tahun berikutnya bisa jauh lebih baik dan meriah,” ujarnya.

(Azaria Suci Fernada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *