
Salah satu kerja sama Kemenparekraf dan REI. Sumber. Sindikatpost.com
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia dan Real Estate Indonesia (REI) mengumumkan kemitraan strategis baru pada Senin (29/04), dalam upaya mengakselerasi pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur pariwisata dan memajukan berbagai destinasi wisata di Indonesia. Salah satu langkah awal adalah Rumah Kreasi Nusantara yang mendukung kegiatan ekonomi kreatif, pertukaran data dan informasi, pengembangan industri dan investasi di bidang pariwisata dan ekonomi digital, serta produk kreatif.
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), jurusan Akuntansi, semester empat, Sarah Fauziah mengatakan, dengan adanya Rumah Kreasi Nusantara ini dapat mengembangkan masyarakat untuk terus membuat produk-produk lokal. Hal ini akan mendorong semangat mereka untuk menjadi lebih produktif dan memanfaatkan kesempatan yang ada.
“Pengembangan ekonomi digital dan produk kreatif juga memainkan peran penting dalam menghadapi tantangan global, serta meningkatkan daya saing untuk keuntungan bersama. Dengan ini, sektor perekonomian pun berdampak, salah satunya bagi para investor yang menaruh uangnya untuk mendukung pengembangan kreasi masyarakat di Indonesia,” ungkapnya.
Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), semester empat, Fikri Syarofi menjelaskan, dengan kebijakan tersebut, pemerintah telah langsung mengambil aksi nyata guna memenuhi kebutuhan masyarakat, yakni memberi wadah kepada masyarakat untuk mengembangkan produk buatannya.
“Selain mengembangkan produk, kebijakan ini juga akan mengasah kemampuan masyarakat di sektor pariwisata dan ekonomi. Pertukaran data dan informasi memungkinkannya untuk mengidentifikasi peluang baru dan meningkatkan inovasi. Harapannya, program ini terus berjalan dan pemetaan Rumah Kreasi Nusantara ini tersebar di Indonesia agar semua bisa merasakan manfaatnya,” jelasnya.
(Edith Indah Lestari)