RDK FM

Kurangnya infrastruktur yang memadai di daerah 3T. Sumber. Kompasiana


Infrastruktur pendidikan di Indonesia menjadi konsen utama dalam fokus pemerintahan baru. Terkhusus untuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Salah satu daerah yang menjadi konsen utama yakni sebagian besar pulau Kalimantan lebih tepatnya Kalimantan timur yang masih sangat membutuhkan perhatian lebih.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, jurusan Pendidikan Matematika (PMat), semester lima, Taufik Fajriansyah menjelaskan, tantangan utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah 3T adalah bagaimana menyeimbangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guru. Salah satunya dengan menganalisis masalah yang menjadi faktor utama, tetapi memplotkan SDM yg sesuai dengan pendidikan di 3T ini.

“Saat ini saja di daerah terpencil masih kurang fasilitas yang memadai, SDM guru yang masih belum mumpuni, dan masih banyak faktor yang perlu kerahan dari pusat. Diperlukan juga adanya pemantauan yang kuat dari daerah, pelatihan yang hebat dari setiap guru, dan apresiasi yang setimpal pada guru terkait, sehingga semuanya akan berkolaborasi dengan maksimal, tetapi perlu adanya kemandirian juga dari setiap daerah,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah, jurusan Dirasat Islamiyah, semester tiga, Hikmah Aulia Bahim menerangkan, mahasiswa dan para akademisi wajib hukumnya dalam membangun dan memperhatikan kondisi pendidikan sekarang, terkhusus di daerah 3T yang masih belum mumpuni dalam segi pendidikan berkualitas dari berbagai aspek.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan kepulauan terbesar di dunia, sehingga banyak polemik yang terjadi didalamnya. Salah satunya yakni masalah pendidikan yang tak kunjung selesai. Dengan itu, dibutuhkan peran masyarakat, mahasiswa dan pemerintah untuk lebih memperhatikan pendidikan. Mulai dari segi infrastruktur fasilitas, pemberdayaan, dan tenaga pendidik yang betul-betul ahli dalam penugasannya,” terangnya.

 (Rayhan Anugerah Ramadhan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *