
Suasana Workshop Jurnal Kreasi di Aula SC UIN Jakarta.
Pada Rabu (22/05), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Jurnalistik sukses menggelar Workshop Jurnal Kreasi di Aula Student Center (SC) UIN Jakarta. Tema yang diangkat dari workshop tersebut adalah “Bisnis di Era 4.0: Fotografi Produk dan Strategi Pemasaran Digital”. Workshop tersebut bertujuan untuk memaksimalkan keterampilan para mahasiswa Jurnalistik dalam kemampuan foto produk dan pemasaran digital.
Pemateri foto produk Workshop Jurnal Kreasi, Ardiles Akyuwen menuturkan, poin utama dalam foto produk di dalam jurnalistik adalah cerita. Cerita dapat memaksimalkan penyentuhan emosi kepada target audiens. Adapun teknis pencahayaan, komposisi, angle, editing, dan teknik dasar menjadi penentu ketajaman suatu ruang.
“Foto produk di era digitalisasi semakin berkembang, hal ini disebabkan karena banyaknya keinginan dan kesenangan dalam mempelajari teknik perfotoan. Mahasiswa harus terampil dalam mengikuti perkembangan teknologi agar meminimalisir ketertinggalan dalam bidang yang diincar semua orang. Pada hakikatnya, perkembangan teknologi terjadi karena kebutuhan manusia yang tidak pernah cukup,” tuturnya.
Dirinya menambahkan, tidak hanya nilai estetika yang diperlukan dari pemotretan, tetapi nilai cerita yang sangat berharga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman akan sebuah gambar. Dengan itu, workshop ini memuat praktik pemotretan produk yang langsung dibimbingnya, guna mudah memahami dan menangkap contoh pemotretan produk yang diajarkan.
Ketua Pelaksana (Ketupel) Workshop Jurnalistik, Kemal Raditya Pasha mengatakan, workshop tersebut memuat materi mengenai digital marketing dan foto produk. Workshop Jurnal Kreasi dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa jurnalistik yang komprehensif mengenai konsep penting dan strategi dalam mengoptimalkan pemasaran digital.
“Acara ini menjadi kegiatan rutin HMPS yang diselenggarakan setiap tahunnya. Workshop akan diadakan kembali di akhir tahun dengan tema yang berbeda. Agenda ini ditujukan untuk memberikan dampak baik kepada mahasiswa, seperti pemahaman lebih mengenai foto produk dari segi angle, serta pencahayaan yang tepat. Semoga workshop yang diadakan kedepannya dapat mengundang lebih banyak pemateri hebat sesuai bidang yang diampu,” pungkasnya.
(Gisska Putri Hidayat)