RDK FM

Suasana berlangsungnya workshop Pasar Modal Syariah yang digelar HMPS PMH.

Departemen Ekonomi Kreatif, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbandingan Mazhab (PMH), sukses menggelar workshop bertajuk “Sekolah Pasar Modal Syariah Bersama BNI Sekuritas dan Bursa Indonesia”, dengan cakupan mahasiswa yang luas. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dari civitas UIN Jakarta, melainkan juga dihadiri beberapa mahasiswa dari universitas luar. Acara digelar pada Kamis (27/06), di Ruang Teater Lantai Dua Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Acara tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi literasi kepada mahasiswa PMH dan seluruh mahasiswa UIN Jakarta.

Pemateri workshop Sekolah Pasar Modal, Wildan Syuruq menjelaskan, bahwa investasi yang amanah bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah Pasar Modal Syariah tidak hanya bertugas memberikan pemahaman tentang mekanisme investasi syariah, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan generasi yang mengaplikasikan nilai-nilai moral dan etika Islam dalam praktik bisnis masyarakat.

“Oleh karena itu, workshop ini digelar bertujuan untuk menanamkan sikap profesional pelaku pasar modal. Salah satu kesulitan yang sering dihadapi adalah minimnya kesadaran akan aktivitas yang tidak ada. Sekolah Pasar Modal Syariah juga menjadi wadah untuk membangun ekosistem ekonomi Islam yang lebih kuat dan inklusif,” ujarnya.

Koordinator Departemen Ekonomi Kreatif HMPS PMH, David Sadeva  mengatakan, Sekolah Pasar Modal Syariah adalah konsep yang menggabungkan prinsip-prinsip syariah Islam dengan investasi pasar modal. Tujuannya untuk memberikan pendidikan tentang investasi halal menurut syariah, serta mengembangkan kesadaran akan etika dan tanggung jawab sosial dalam pengelolaan kekayaan. 

“Pasar Modal Syariah telah menjalin kerja sama dalam memberikan opini syariah di Indonesia. Bisnis struktur organisasi fokus dalam mendukung upaya pengembangan pasar modal syariah. Pasar Modal Syariah memiliki beberapa kriteria, seperti membentuk harga secara wajar dan menyediakan informasi yang sempurna. Selain itu, pasar modal Syariah juga harus memenuhi syarat-syarat yang diperlukan berdasarkan syariah,” jelasnya.

(Azaria Suci Fernada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *