107.9 RDKFM

Perpusnas ajak generasi muda jadi inspirator literasi media sosial. Sumber. perpusnas.go.id


Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memperkuat gerakan literasi digital dengan mengajak generasi muda berperan sebagai inspirator literasi di media sosial. Inisiatif ini bertujuan menumbuhkan kesadaran membaca sekaligus meningkatkan kemampuan memanfaatkan informasi secara bijak di ruang digital, sehingga dapat membentuk pola pikir kreatif dan kritis sekaligus memperkuat budaya literasi nasional.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas), semester tujuh, Nurul Ahfiani mengatakan, peran generasi muda sebagai inspirator literasi sangat efektif dalam mendorong peningkatan kesadaran literasi di masyarakat. Penanaman nilai literasi di media sosial perlu dilakukan sejak lingkup kecil melalui pembentukan komunitas membaca agar penerapan literasi dapat terlaksana secara menyeluruh.

“Dengan pola pikir yang kreatif, generasi muda diharapkan dapat berkembang secara positif sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kreativitas anak bangsa. Langkah ini diyakini mampu memperkuat budaya literasi sekaligus mempersiapkan generasi yang kritis, adaptif, dan produktif di era digital,” ucapnya.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Ilmu Hukum (IH), semester tiga, Rahmah Nur Fitri menuturkan, kebijakan ini efektif diimplementasikan karena sebagian masyarakat lebih aktif menggunakan media sosial. Perpustakaan Nasional mampu mendorong generasi muda agar nilai-nilai literasi dijunjung tinggi di ranah digital, sehingga literasi dapat memberikan wawasan yang luas bagi mereka.

“Peran generasi muda sebagai inspirator literasi di media sosial berpotensi meningkatkan kreativitas anak bangsa, sehingga aktivitas digital tidak hanya terfokus pada hiburan seperti permainan daring, tetapi juga menjadi sarana pengembangan pengetahuan dan keterampilan secara produktif,” tuturnya.

(Maura Maharani Rizky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *